Beranda » Kesehatan » Tidak Berolahraga Tapi Sering Nyeri Otot, Ini Penyebabnya

Tidak Berolahraga Tapi Sering Nyeri Otot, Ini Penyebabnya

Dilihat 6.981x | Tags Kesehatan,

Tidak Berolahraga Tapi Sering Nyeri Otot, Ini Penyebabnya Desember 2017

Wikipdb.org | Tidak Berolahraga Tapi Sering Nyeri Otot, Ini Penyebabnya,- Nyeri pada otot memang sangat sering sekali di rasakan ketika selesai berolahraga ataupun beraktivitas berat. Biasanya nyeri otot ini terjadi karena otot kaku kurang pemanasan dan rasanya tentu sangat menyakitkan sekali. Tapi, pernahkah anda terasa nyeri padahal anda tidak habis berolahraga maupun melakukan aktivitas berat ?

Dan ternyata inilah penyebabnya:

Kekurangan vitamin D

Tubuh terdiri dari beberapa sel yang mempunyai reseptor utnuk vitamin D di dalamnya. Apabila anda kekurangan vitamin D, otot anda akan sensitif dan mudah terasa sakit. Perlu anda ketahui pula, vitamin D sangat dibutuhkan dalam kesehatan tulang anda. Kurangnya asupan vitamin D akan membuat tulang lemah dan tidak dapat mendukung kesehatan otot.

Kurangnya asupan zat besi

Selain karena kurangnya asupan vitamin D, nyeri otot juga dapat disebabkan karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Perempuan seringkali mengalami masalah seperti ini ketika sedang dalam periode menstruasi. Namun anda tidak perlu khawatir, asupan zat besi dapat diatasi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, telur dan bayam.

Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab nyeri otot, sebab pada saat kita sedang stres, otot menjadi tegang yang disebabkan karena pelepasan hormon stres yang berlebih. Bahkan ketika anda sedang mengalami stres kronis, beberapa otot menjadi tidak dapat digerakan.

Masalah medis lainnya

Ada beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan nyeri otot seperti penyakit rematik, arthritis dan polymyalgia. Rutinitas lain seperti sering memakai tas berat dan sepatu yang kurang nyaman dapat menyebabkan nyeri otot.

Otot anda terkilir

Otot terkilir atau otot keseleo yang apabila tidak segera mendapatkan perawatan dan ditangani secara langsung, dapat menyebabkan nyeri otot yang lumayan parah.

Nyeri otot sungguh bukanlah masalah sepele. Ketika anda diserang nyeri otot, aktivitas kerja sehari-hari anda akan terhambat. Selain dengan menggunakan obat nyeri otot medis, anda juga bisa mengobati nyeri otot secara alami dengan konsumsi makanan-makanan sehat yang dapat melumasi otot anda.


Keywords : Tidak Berolahraga Tapi Sering Nyeri Otot, Ini Penyebabnya,